NEWS UPDATE :  

Berita

Pilih SD Atau MI?

Pilih SD Atau MI?

 

Setiap sekolah bertujuan sama yaitu mencerdaskan siswa dan memberikan dukungan untuk pertumbuhan dan perkembangan diri anak. Namun, orangtua cenderung bingung memilih sekolah yang terbaik untuk buah hati. Pendidikan di SD atau MI memiliki perbandingan kurikulum yang berbeda. Kalau Anda masih bingung, berikut pertimbangan pilih SD atau MI.

 

Alasan Memilih SD Dibandingkan Memilih MI Untuk Anak

 

1. Status Negeri Yang Mematok Biaya Lebih Murah

Adanya dana BOS atau bantuan pendidikan untuk SD menjadi pilihan tersendiri bagi orangtua. Biaya pendidikan di SD cenderung lebih murah sebab materi pendidikan yang diprioritaskan merupakan mata pelajaran umum. Kecuali Kamu ingin menyekolahkan anak di SDIT atau Sekolah Dasar Islam Terpadu yang biasanya mematok biaya mahal.

2. Waktu Belajar Lebih Cepat

Alasan memilih SD karena anak-anak mengikuti sistem pendidikan berdasarkan peraturan pemerintah. Rata-rata anak memiliki jam belajar yang standar kecuali ada penambahan ekstrakurikuler dan sebagainya.

3. Materi Umum Diajarkan Keseluruhan

SD biasanya hanya mengajarkan ilmu pendidian agama secara umum saja tidak spesifik. Anak didik akan belajar ilmu pengetahuan umum secara menyeluruh dibandingkan materi di MI yang menggabungkan ilmu umum dan agama.

4. Belajar Berkomunikasi Dengan Semua Teman

Pilih SD atau MI tidak akan membingungkan Kamu lagi yang ingin mengajarkan arti keberagaman pada anak. Memilih sekolah dasar milik negara berarti semua orang boleh belajar bersama tanpa ada syarat wajib beragama tertentu. Secara tidak langsung, Kamu mengajarkan anak belajar bersosialisasi dengan semua teman.

5. Memiliki Lebih Banyak Waktu Untuk Mengembangkan Bakat Atau Minat

Sebenarnya hal ini terdengar opsional tergantung sekolah yang Kamu pilih. Tetapi, kebanyakan SD biasanya memiliki jam pelajaran yang lebih singkat sesuai standar nasional. Orangtua memiliki lebih banyak waktu untuk memberikan pengajaran sendiri di rumah termasuk mengikutsertakan anak mengikuti les atau tambahan pelajaran tertentu.

 

Alasan Memilih MI Dibandingkan Memilih SD Untuk Anak

Bagi orang yang ingin menerapkan pendidikan dasar berbasis agama Islam, MI bisa menjadi pilihan tepat. Berikut 5 alasan memilih MI dibandingkan SD untuk anak Kamu.

1. Memiliki Kurikulum Berbasis Agama Yang Lebih Baik

Mi juga menerapkan kurikulum berbasis IPTEK dan agama yang diharapkan bisa sejalan seimbang. Namun, lingkup pengajaran materi agama lebih beragam mulai Fiqh, Tajwid, Al-qur’an, Akhlak dan lain-lain.

2. Materi PAI Yang Lebih Fokus Dan Memiliki Alokasi Waktu Lebih Lama

Jika anak didik di sekolah dasar hanya belajar materi PAI sekali seminggu dengan rentang waktu satu jam pelajaran, siswa di MI memiliki alokasi waktu yang lebih lama dan lebih fokus.

3. Memiliki Berbagai Praktik Dan Kegiatan Keagamaan Secara Langsung

Anak-anak yang sekolah di MI biasanya akan memiliki jadwal lebih padat terkait berbagai kegiatan yang mendukung kemampuan dan wawasan keagamaan.

4. Sarana Dan Prasarana Sebanding Dengan Biaya Bulanan

Opsi satu ini memang tidak berlaku secara umum tergantung sekolah yang dipilih. Namun, sebagian besar madrasah ibtidaiyah di Indonesia milik swasta yang mematok biaya tersendiri. Tentu hal ini wajib diperhatikan orangtua mengenai sekolah di MIN atau MI swasta.

5. Memiliki Prestasi Di Bidang Keagamaan Dan Umum Secara Seimbang

Kata siapa anak MI jauh tertinggal dibandingkan anak SD di bidang ilmu umum? Bisa saja anak MI juga berpeluang besar memiliki potensi akademik yang bagus. Menyekolahkan anak di madrasah bisa memberikan peluang si kecil berprestasi di bidang iptek dan agama secara bersamaan, bukan?

Orangtua wajib mempertimbangkan pilih SD atau MI sesuai dengan kebutuhan. Jangan memaksa si kecil bersekolah di lembaga SD atau sebaliknya tanpa mempertimbangkan kemampuan anak. Berikan wawasan terbaik agar si kecil turut menentuka lembaga mana yang terbaik.